Berjaga-jaga dan Berdoa Selalu

Firman Tuhan katakan kita harus selalu waspada dan berjaga-jaga dalam menjalani hidup ini, karena Iblis tidak akan berhenti mencari mangsanya, Iblis akan selalu siap menelan siapapun yang dapat ditelannya, karena iblis ingin menjatuhkan hidup kita.

Takkala Yesus dicobai iblis di padang gurun Iblis berjanji akan kembali lagi, karena itu Yesus katakan: "berjaga-jagalah dan berdoalah senantiasa, agar kita tidak jatuh di dalam pencobaan daging lemah roh penurut."

Apa tujuan Allah, agar kita harus berjaga-jaga dan berdoa?
1. Supaya hati kita tidak sarat dengan hal-hal duniawi (Luk. 21:34a)
Contoh ketika bangsa Israel keluar dari tanah Mesir dan berada di padang gurun, mereka tidak menjaga hati dan kekudusan mereka, akibatnya mereka melakukan kejahatan di mata Tuhan seperti: penyembahan berhala, percabulan, mencobai Tuhan dan persungutan, mereka lebih suka kembali ke tanah mesir yang penuh dengan kejahatan itu, akhirnya Tuhan menghukum mereka .

Ini menjadi contoh bagi kita yang hidup sekarang ini, karena apabila hidup kita hanya dipenuhi oleh keinginan-keinginan duniawi (keinginan mata, keinginan daging, keangkuhan hidup), tetapi tidak dipenuhi oleh Roh Kudus yang adalah kekuatan kita, maka kita akan mudah jatuh di dalam jerat iblis .

Sebab itu Tuhan berkata agar kita selalu berjaga-jaga dan berdoa dengan tidak jemu-jemu. Kita harus selalu siap sedia dan mawas diri terhadap serangan Iblis, dengan cara lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yesus melalui doa, membaca Firman Tuhan dan bersekutu kepadaNya setiap saat dan hidup takut akan Tuhan. Firman Tuhan katakan: "mendekatlah kepada Allah, maka iblis akan lari dari padamu."

2. Supaya hari Tuhan jangan tiba-tiba jatuh seperti suatu jerat (Luk. 12:34 b)
Kalau kita lihat situasi dunia sekarang ini, waktu pengangkatan Gereja Tuhan sudah sangat dekat, tanda-tanda kedatanganNya untuk menjemput Gereja-Nya yang berjalan dengan Kuasa Roh Kudus sudah di ambang pintu.

Sebab itu Yesus berkata: Berjaga-jagalah dan sadarlah, sebab hari Tuhan datang tanpa kita ketahui, ia akan datang secara tiba-tiba seperti suatu jerat, nah kalau kita tidak sungguhsungguh berjaga-jaga, dan hanya bermasa bodoh, cuek, maka kita akan tertinggal dan akhirnya antikristus akan mengambil alih hidup kita,.

Sebab itu selagi pintu anugerahNya masih terbuka, marilah kita merubah sikap hidup kita sesuai FirmanNya, jangan malas mencari Tuhan, jangan lalai, jangan lengah dan terbuai dgn keinginan-keinginan dunia ini, hendaklah kita selalu waspada supaya kita bisa luput pada hari Tuhan yang sudah semakin dekat ini, sehingga kita akan terangkat saat Yesus menjemput GerejaNya.

Ingat kecenderungan manusia adalah tidak mau perduli, masa bodoh, merasa sudah nyaman dan terbuai dgn kesenangan-kesenangan dunia.

3. Supaya kita mendapat kekuatan (Luk. 12:36)
Kekuatan orang Kristen terletak di dalam doa dan Firman Tuhan sebab itu hendaklah kita selalu berjaga-jaga dan mempunyai hubungan yang intim dengan Tuhan Yesus supaya kita bisa luput dari hari kesusahan besar yang akan menimpa seluruh dunia ini.

Ingat Iblis suka penipu hidup kita dengan menawarkan keingian-keinginan dunia sehingga membuat rohani kita menjadi lemah bahkan mati.

Sebab itu pergunakan waktu yg sisa ini untuk lebih sungguh-sungguh mendekatkan diri kepada Tuhan, agar Roh Kudus menguasai hidup kita dan kita memperoleh kekuatan untuk mampu melawan segala tipu daya iblis, gunakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah yaitu: kebenaran, keadilan, memberitakan Injil, Iman, pedang Roh yaitu Firman Tuhan, dan doa.

Marilah jaga hidup kita dari keinginan-keinginan dunia, sebab dunia ini sedang menuju kepada kehancuran, karena di dalam dunia tidak ada yang abadi semuanya bersifat sementara.

Bagaimana cara kita berjaga-jaga dan berdoa? caranya yaitu: (1) Bangunlah hubungan yang intim dengan Tuhan Yesus secara terus menerus,(2) mempunyai komitmen untuk tekun di dalam doa, (3) Rajin membaca FirmanNya dan merenungkan Firman Tuhan siang dan malam (4) Bersekutu selalu dengan Yesus (5) Hidup takut akan Tuhan (6) Menjaga hati dan mengundang Yesus masuk di dalam hati kita.

Sumber: terangdunia.com

0 comments:

Komentar Terbaru

Artikel Terbaru

Powered By Blogger
Cari di pendoa.blogspot.com...

About this blog

Blog ini dibuat dengan tujuan untuk membagikan berkat firman Tuhan yang diperoleh kepada saudara seiman yang membutuhkan agar dapat saling membangun sebagai satu tubuh dalam Kristus. Materi diambil dari berbagai sumber seperti buku, milis, buletin, traktat, dan berbagai media lain. Hak cipta setiap tulisan ada pada masing-masing penulis, pembuat atau penerbit seperti yang tercantum pada setiap akhir tulisan (kecuali yang tidak diketahui sumbernya). Isi blog ini bersifat non-denominasi dan tidak condong/tidak memihak kepada kelompok denominasi tertentu. Apabila di dalamnya terdapat materi/tulisan yang tidak cocok/ tidak sesuai dengan pendapat/pemahaman Anda, mohon tetaplah menghargai hal itu dan silakan memberi tanggapan secara sopan dan tidak menghakimi. God bless you...

  © 2008 Blogger template by Ourblogtemplates.com

Back to TOP