Sedikit Doa Dengan Hadiah Raksasa

Oleh: Dr. Bruce H Wilkinson

Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; Nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya: “Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan.” Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: “Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpaku.” Dan Allah mengabulkan permintaannya itu. (1 Tawarikh 4:9-10)

Sesuatu mengenai orang bernama Yabes ini telah menyebabkan banyak orang bertanya-tanya. Siapakah Yabes? Namun Alkitab tidak memberikan penjelasan lebih banyak lagi. Satu hal sederhana mengenai Yabes adalah permohonannya yang langsung kepada Allah telah mengubah hidupnya dan telah meninggalkan tanda yang tetap dalam buku-buku sejarah Israel. Pada pembacaan sekilas, empat permohonan membuat kita terpukau sebagai doa yang tulus, masuk akal, bahkan mulia, tetapi tidak begitu luar biasa untuk dicatat. Namun di bawah permukaan setiap baris terletak penerobos paradigma raksasa yang mengalir persis berlawanan dengan cara Anda dan saya berpikir.

Ketika saya berada di Dallas mengajarkan “Berkat Yabes” kepada 9.000 hadirin. Kemudian pada saat makan siang seorang pria berkata kepada saya: “Bruce, saya telah mendengar Anda telah mengkhotbahkan berita Yabes lima belas tahun yang lalu, dan saya tak pernah berhenti berdoa dengan doa Yabes tersebut. Perubahan yang terjadi begitu luar biasa sehingga saya tak pernah berhenti.” Di meja yang berhadapan, kawan yang lain mengangguk menyetujui. Ia mengatakan bahwa ia telah berdoa dengan doa Yabes yang singkat itu selama 10 tahun dengan hasil yang sama. Seorang pria di sebelah orang itu, seorang dokter bedah dari Indianapolis mengatakan bahwa ia telah berdoa dengan doa singkat Yabes tersebut selama lima tahun. Saya katakan kepada mereka, “Sahabat-shabatku, saya telah berdoa dan masih berdoa dengan doa singkat Yabes itu selama lebih dari setengah hidup saya!”

Allah sesungguhnya memiliki berkat-berkat yang belum Anda minta yang sedang menunggu Anda. Saya tahu hal itu kedengarannya mustahil bahkan kecurigaan yang memalukan dalam masa pelayanan yang kita miliki. Namun untuk menggantikannya… itu keinginan bagi Allah lebih banyak lagi—adalah kehendak-Nya yang penuh kasih untuk kehidupan Anda dari kekekalan masa lampau. Dan dengan sebuah tangan yang penuh tali komitmen sebagai bagian Anda, Anda dapat masuk dengan yakin dan penuh harap bahwa Bapa sorgawi akan membimbing Anda untuk melewatinya.

Pikirkan seperti ini, daripada hanya berdiri di tepi sungai, meminta secawan air untuk bisa melewati hari-hari, Anda akan melakukan sesuatu yang tak pernah terpikirkan—Anda akan berdoa dengan sedikit doa dengan hadiah raksasa dan ‘melompat kedalam air.’ Pada saat itu Anda akan mulai membiarkan aliran anugerah dan kuasa Allah yang penuh kasih yang membawa Anda bersama-sama dengan Dia. Rencana Allah yang besar bagi Anda akan mengelilingi Anda dan menjadikan Anda bersemangat maju menuju ‘menjadi penting secara menyeluruh’ dan kehidupan yang memuaskan. Ia telah menunggu.

Sumber: The Prayer of Jabez/Multnomah Publishers Sisters, Oregon

0 comments:

Komentar Terbaru

Artikel Terbaru

Powered By Blogger
Cari di pendoa.blogspot.com...

About this blog

Blog ini dibuat dengan tujuan untuk membagikan berkat firman Tuhan yang diperoleh kepada saudara seiman yang membutuhkan agar dapat saling membangun sebagai satu tubuh dalam Kristus. Materi diambil dari berbagai sumber seperti buku, milis, buletin, traktat, dan berbagai media lain. Hak cipta setiap tulisan ada pada masing-masing penulis, pembuat atau penerbit seperti yang tercantum pada setiap akhir tulisan (kecuali yang tidak diketahui sumbernya). Isi blog ini bersifat non-denominasi dan tidak condong/tidak memihak kepada kelompok denominasi tertentu. Apabila di dalamnya terdapat materi/tulisan yang tidak cocok/ tidak sesuai dengan pendapat/pemahaman Anda, mohon tetaplah menghargai hal itu dan silakan memberi tanggapan secara sopan dan tidak menghakimi. God bless you...

  © 2008 Blogger template by Ourblogtemplates.com

Back to TOP