Hidup Lebih Besar Bagi Allah

…dan kiranya Engkau memperluas daerahku…

Bagian berikutnya dari doa Yabes—permohonan untuk memperoleh daerah yang lebih luas—adalah permintaan Anda kepada Allah untuk memperluas hidup Anda sehingga Anda dapat membuat pengaruh yang lebih besar bagi Dia. Dari kedua-duanya, baik dari konteks maupun hasil doa Yabes, kita dapat mengetahui bahwa ada yang lebih dari pada permohonannya sekadar hanya keinginan untuk real estate yang lebih luas. Ia menginginkan mempunyai pengaruh yang lebih, tanggung jawab yang lebih dan kesempatan untuk membuat pengaruh bagi Allah Israel.

Pada masa Yabes, sebagian sejarah nasional Israel saat itu adalah penaklukan tanah Kanaan oleh Yosua dan pembagian dari tanah Perjanjian ke dalam sejumlah real-estate (rumah berikut tanahnya) bagi setiap suku Israel. Pada waktu Yabes berseru, “perluas daerahku,” ia sedang melihat keadaannya sekarang dan menyimpulkan “Sesungguhnya saya dilahirkan lebih dari pada hal ini.” Sebagai seorang petani atau peternak, ia memandang bentangan yang diwariskan kepadanya dari keluarganya, matanya berlari menuju pada garis batas pagar, mengunjungi tanda-tanda perbatasan, mengkalkulasikan potensinya, dan membuat keputusan: “Segala sesuatu yang Kau taruh di bawah tanggung jawab saya, O Tuhan ambillah dan perluas.”

Apapun karunia, pendidikan atau pekerjaaan kita, panggilan kita adalah melakukan pekerjaan Allah di muka bumi ini. Jika Anda mau, Anda dapat menyebutnya menerapkan kehidupan iman Anda kepada orang lain. Anda dapat menyebutnya pelayanan. Anda dapat menyebutnya juga tugas harian setiap orang Kristen. Tetapi apapun sebutannya, Allah sedang mencari orang yang ingin melakukan lebih lagi, sebab sangat menyedihkan bahwa kebanyakan orang percaya kelihatannya menghindarkan diri dari hidup pada tingkat berkat dan pengaruh ini.

Bila Anda mulai meminta dengan tulus—memohon—untuk pengaruh dan tanggung jawab yang lebih memuliakan Dia, Allah akan membawa kesempatan dan orang-orang ke dalam jalan Anda. Anda dapat membawa kesempatan dan orang-orang ke dalam jalan Anda. Anda dapat mempercayai Dia bahwa Dia tidak akan pernah mengirimkan seseorang kepada Anda yang tidak dapat Anda tolong dengan pimpinan dan kekuatan-Nya. Anda akan hampir selalu merasa takut ketika Anda mulai mengambil daerah baru bagi Dia tetapi Anda juga akan mengalami getaran yang menyenangkan dari Allah yang bersama-sama dengan Anda, menopang sementara Anda melakukannya.

Berdoa untuk perbatasan yang lebih luas adalah meminta sebuah mujizat—bukankah ini hal yang sangat sederhana? Mujizat adalah intervensi Allah untuk membuat sesuatu terjadi yang biasanya tidak bisa terjadi. Itu adalah apa yang harus Yabes lakukan mengatasi namanya dan mengubah keadaannya. Apakah Anda percaya bahwa mujizat bisa terjadi sekarang ini? Banyak orang Kristen tidak percaya. Saya mengingatkan kepada mereka bahwa mujizat tidak harus melanggar hukum alam supaya menjadi suatu even supranatural. Ketika Kristus menenangkan ombak, Dia tidak mengesampingkan hukum alam— ombak itu pada akhirnya reda sendirinya. Namun, Dia mengarahkan pola cuaca. Ketika Elia berdoa untuk menghentikan hujan, Allah mengarahkan siklus alamiah musim kering dan musim hujan.

Mujizat-mujizat yang paling menghiburkan dalam kehidupan saya selalu dimulai dengan sebuah permohonan yang berani untuk memperluas kerajaan Allah. Pada saat Anda mengambil langkah-langkah kecil, Anda mungkin ‘tidak perlu’ Allah, tetapi pada saat Anda memasukkan diri Anda dalam aliran utama rencana Allah bagi dunia ini—yang melampaui kemampuan kita untuk mencapainya—dan memohon kepada Allah, “Tuhan, gunakan saya, berilah saya pelayanan yang lebih baik lagi untuk Engkau!” saat itulah Anda menginginkan mujizat. Pada saat itu juga sorga mengirim malaikat-malaikat, sumber-sumber, kekuatan, dan orang-orang yang Anda perlukan. Saya telah melihat hal ini terjadi ratusan kali!

Allah selalu intervensi pada saat Anda menaruh agenda-Nya di muka agenda Anda dan Anda menjalaninya! Dengan sangat mengherankan, jika Anda berdoa kepada Tuhan untuk memperluas perbatasan, Anda akan mengenali jawaban Ilahi-Nya. Anda telah memiliki sebuah tempat duduk pada garis depan, dalam suatu kehidupan yang penuh mujizat.

By Dr. Bruce H Wilkinson
Sumber: The Prayer of Jabez/Multnomah Publishers Sisters, Oregon

0 comments:

Komentar Terbaru

Artikel Terbaru

Powered By Blogger
Cari di pendoa.blogspot.com...

About this blog

Blog ini dibuat dengan tujuan untuk membagikan berkat firman Tuhan yang diperoleh kepada saudara seiman yang membutuhkan agar dapat saling membangun sebagai satu tubuh dalam Kristus. Materi diambil dari berbagai sumber seperti buku, milis, buletin, traktat, dan berbagai media lain. Hak cipta setiap tulisan ada pada masing-masing penulis, pembuat atau penerbit seperti yang tercantum pada setiap akhir tulisan (kecuali yang tidak diketahui sumbernya). Isi blog ini bersifat non-denominasi dan tidak condong/tidak memihak kepada kelompok denominasi tertentu. Apabila di dalamnya terdapat materi/tulisan yang tidak cocok/ tidak sesuai dengan pendapat/pemahaman Anda, mohon tetaplah menghargai hal itu dan silakan memberi tanggapan secara sopan dan tidak menghakimi. God bless you...

  © 2008 Blogger template by Ourblogtemplates.com

Back to TOP