Berdoalah

Ayat Bacaan: Lukas 22:39-46
“Berdoalah supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan.” (Lukas 22:40b)

Mungkin kita sering mendengar khotbah tentang doa, atau membaca buku tentang doa dan melihat orang berdoa. Namun, yang perlu kita tanyakan adalah, “Berapa sering saya berdoa? Apa saya memiliki waktu khusus untuk berdoa?”

Jika kita perhatikan PL dan PB, banyak sekali catatan tentang aktivitas doa umat Tuhan. Begitu banyak orang yang beriman di dalam PL, berdoa (seperti: Nuh, Abraham, Daniel, dan lainnya). Di dalam PB, selain mengajar tentang doa (Mat. 6:9-13), Tuhan Yesus sendiri juga memberikan teladan dalam hal berdoa. Markus 1:3 mencatatnya, “Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia pergi... dan berdoa,” dan di dalam Matius 14:23 dikatakan, “dan setelah orang banyak itu disuruh-Nya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ.” Kedua ayat ini jelas menyatakan bahwa Tuhan mengawali dan mengakhiri pelayanan-Nya dengan berdoa. Dan, ketika harus menerima cawan murka Allah, Tuhan Yesus pun berdoa di taman Getsemani sebanyak tiga kali.

Hal ini menyatakan bahwa doa itu sangat penting dan indah. Alasannya? Pertama, Ketika kita berdoa, kita berkomunikasi dan membina hubungan yang indah dengan Bapa di sorga. Kedua, Ketika berdoa, kita mendapat kekuatan Allah, seperti Tuhan Yesus menerimanya dari Bapa-Nya (ay. 43). Ketiga, Kita berdoa agar kita jangan jatuh ke dalam pencobaan. Dalam bagian ini, Tuhan Yesus memperingati murid-murid-Nya sebanyak dua kali untuk berdoa, tapi, mereka malah tertidur. Akhirnya terbukti, ketika Tuhan Yesus ditangkap, para murid meninggalkan-Nya (Mat. 26:56) dan Petrus menyangkal-Nya sebanyak tiga kali.

Jika para murid yang hidup bersama Yesus, jatuh dalam pencobaan, maka kita pun memiliki potensi sama; sangat mungkin, kita meninggalkan dan menyangkal Tuhan Yesus. Karena itu, kita perlu berdoa.

Doa bukanlah aktivitas yang berhenti, tapi, harus kontinyu dilakukan orang percaya.

Sumber: Perspektif (05/01/08)

0 comments:

Komentar Terbaru

Artikel Terbaru

Powered By Blogger
Cari di pendoa.blogspot.com...

About this blog

Blog ini dibuat dengan tujuan untuk membagikan berkat firman Tuhan yang diperoleh kepada saudara seiman yang membutuhkan agar dapat saling membangun sebagai satu tubuh dalam Kristus. Materi diambil dari berbagai sumber seperti buku, milis, buletin, traktat, dan berbagai media lain. Hak cipta setiap tulisan ada pada masing-masing penulis, pembuat atau penerbit seperti yang tercantum pada setiap akhir tulisan (kecuali yang tidak diketahui sumbernya). Isi blog ini bersifat non-denominasi dan tidak condong/tidak memihak kepada kelompok denominasi tertentu. Apabila di dalamnya terdapat materi/tulisan yang tidak cocok/ tidak sesuai dengan pendapat/pemahaman Anda, mohon tetaplah menghargai hal itu dan silakan memberi tanggapan secara sopan dan tidak menghakimi. God bless you...

  © 2008 Blogger template by Ourblogtemplates.com

Back to TOP