Seni Berdoa (2)

Ayat Bacaan: Lukas 11:11-13
“Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.” (Lukas 11:10)

Dalam doa-doa pribadi, biasanya kita meminta yang terbaik dari Tuhan. Biasanya juga, jika berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari, kita meminta pada Tuhan yang terbaik berkaitan dengan hal-hal fisik saja. Contohnya: perlindungan di dalam perjalanan, keselamatan diri dan orang-orang terdekat, kecukupan berkat, kesehatan, dan pekerjaan. Berdoa meminta hal-hal ini adalah wajar dan tidak salah.

Saya tergelitik dengan pertanyaan Tuhan Yesus dalam bagian ini. Jika kita perhatikan dalam ayat 11-12, bukankah pada awalnya Tuhan Yesus berkata, “Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?”

Dengan kata lain, di sini Tuhan Yesus berbicara soal kebutuhan secara fisik, yaitu makanan. Namun di ayat 13, Tuhan Yesus menutup pernyataannya demikian, “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.” Tuhan tidak lagi menyinggung masalah fisik sebagai hal yang terbaik, melainkan masalah rohani, yaitu Roh Kudus.

Dengan kata lain, kita boleh meminta hal-hal yang bersifat fisik pada Tuhan, dan hal itu tidak salah. Namun yang terpenting yang seharusnya kita ingat adalah bahwa hal-hal yang bersifat fisik bukanlah yang terbaik bagi kita. Roh Kuduslah yang terbaik dan yang paling kita butuhkan. Roh Kudus adalah pemberi hidup (Yoh. 6:63), Ia juga memberi damai sejahtera (Rm. 8:6). Roh Kudus akan memimpin kehidupan orang percaya. Karena itu, seharusnya hal utama yang kita minta adalah Roh Kudus, kemudian baru diikuti dengan hal-hal yang bersifat jasmani; bukan kebalikannya, atau malah sama sekali tidak meminta Roh Kudus.

Apakah Saudara merindukan karya Roh Kudus yang nyata dalam hidup Saudara?

Sumber: Perspektif (06/06/05)

0 comments:

Komentar Terbaru

Artikel Terbaru

Powered By Blogger
Cari di pendoa.blogspot.com...

About this blog

Blog ini dibuat dengan tujuan untuk membagikan berkat firman Tuhan yang diperoleh kepada saudara seiman yang membutuhkan agar dapat saling membangun sebagai satu tubuh dalam Kristus. Materi diambil dari berbagai sumber seperti buku, milis, buletin, traktat, dan berbagai media lain. Hak cipta setiap tulisan ada pada masing-masing penulis, pembuat atau penerbit seperti yang tercantum pada setiap akhir tulisan (kecuali yang tidak diketahui sumbernya). Isi blog ini bersifat non-denominasi dan tidak condong/tidak memihak kepada kelompok denominasi tertentu. Apabila di dalamnya terdapat materi/tulisan yang tidak cocok/ tidak sesuai dengan pendapat/pemahaman Anda, mohon tetaplah menghargai hal itu dan silakan memberi tanggapan secara sopan dan tidak menghakimi. God bless you...

  © 2008 Blogger template by Ourblogtemplates.com

Back to TOP